Senin, 27 September 2010

PEMBINAAN DISIPLIN PRAJURIT YONZIPUR-2 DALAM RANGKA TERWUJUNYA KESIAPAN OPERASIONAL SATUAN


Sistem pembinaan personel TNI AD adalah baian integral dari sistem pembinaan TNI secara keseluruhan yang dalam rangka peran dan tugas pokonya dalam sistem pertahanan negara selalu berorientasi kepada kemungkinan ancaman yang dihadapi. Mencermati perkembangan lingkungan strategis, hal ini ditandai semakin meningkatnya kualitas ancaman pada masa mendatang, maka diperlukan suatu strategi pembinaan yang diarahkan kepada terwujudnya kesiapan operasional satuan, dalam rangka mengantisipasi ancaman tersebut.

Berdasarkan asumsi di atas maka strategi pembinaan TNI-AD menitikberatkan pada modernisasi aspek manusia dimana manusia ditempatkan pada posisi penting dalam organisasi TNI AD.  Dengan demikian maka sistem pembinaan personel TNI AD merupakan titik sentral dalam sitem pembinan TNI AD yang sangat menentukan keberhasilan TNI AD dalam melaksanakan tugas pokok. Untuk menjamin terlaksananya tugas pokok maka pembinaan unsur manusia harus dilaksanakan secara konseptual, sistematis, berencana dan berlanjut.

Pembinaan disiplin prajurit sebagai bagian dari pembinaan personel merupakan salah satu fungsi komando yang menjadi tanggung jawab setiap Komandan Satuan atau Pimpinan Satuan yang  bersangkutan,  mulai dari pimpinan terendah sampai dengan pimpinan tertinggi. Dalam pelaksanaannya pembinaan prajurit ini harus mengacu kepada tetap lestarinya tradisi kejuangan dan sebagai modal awal dalam mewujudkan prajurit profesional sehingga mampu mengemban tugas pokok yang dibebankan kepada satuannya.

Disamping aspek pembinaan yang lain guna mewujudkan kesiapan operasional satuan, pembinaan disiplin prajurit juga memiliki peran yang sangat penting.   Namun kenyataan di lapangan bahwa kondisi  pembinaan disiplin prajurit Yonzipur-2 perlu adanya prioritas untuk ditingkatkan, yaitu tingkat pemahaman disiplin prajurit, pengamalan disiplin prajurit dan penyelesaian terhadap pelanggaran disiplin prajurit.

Dari permasalahan tersebut Penulis memandang perlu untuk membahas optimalisasi pembinaan disiplin prajurit Yonzipur-2  dalam rangka mewujudkan kesiapan operasional satuan.  Dengan demikian tulisan singkat ini ingin menjawab beberapa pertanyaan berikut : Bagaimana tingkat pemahaman disiplin prajurit Yonzipur -2 ? Bagaimana pengamalan disiplin prajurit Yonzipur-2 dalam kehidupan keprajuritan ? Dan bagaimana penegakkan disiplin prajurit Yonzipur-2  dilaksanakan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar