Senin, 27 September 2010

TUGAS KODAM XVII/TRIKORA SEBAGAI KOMPARTEMEN STRATEGIS DALAM MENCEGAH TERJADINYA KONFLIK VERTIKAL DI WILAYAH PROVINSI PAPUA


Perkembangan lingkungan strategis dipengaruhi isu global dan regional yang menyangkut demokratisasi, HAM, lingkungan hidup, perdagangan bebas,  issu sosial kemanusiaan serta separatisme dan perang terhadap terorisme, berdampak kepada perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan dalam negeri. Hal ini menjurus kearah lemahnya ketahanan nasional dan mengancam keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI. Salah satu wilayah yang terkena dampak tersebut adalah Provinsi Papua yang mempunyai  potensi sumber daya alam melimpah.

Kondisi internal di  Papua juga berpotensi mengganggu stabilitas keamanan nasional, antara lain kelompok separatis Papua Barat yang perjuangannya masih berlangsung hingga kini baik secara politik maupun melalui perjuangan bersenjata.  Secara politik, belakangan ini terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas gerakan kelompok di luar negeri yang pro kemerdekaan Papua Barat. Sementara itu, kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) seringkali mengganggu keamanan  dengan perampokan, penculikan dan penyerangan terhadap instansi pemerintah maupun warga pendatang dan kemudian dipakai untuk mengobarkan gerakan separatis di Papua.  Aksi-aksi tersebut  berkembang menjadi  ancaman keamanan yang  akan mengancam keutuhan wilayah NKRI.

Komando Daerah Militer XVII/Trikora sebagai salah satu kompartemen strategis gelar pertahanan negara Republik Indonesia mempunyai tugas pokok  melindungi kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI serta keselamatan dan  kehormatan  bangsa,  secara  nyata  harus  berperan  aktif  untuk  mencegah terjadinya konflik vertikal yang mengancam keutuhan wilayah NKRI di Papua, sehingga perlu menyiapkan satuannya agar memiliki kemampuan yang profesional dalam menghadapi berbagai ancaman di daerah yang menjadi tanggung jawabnya sebagai komponen utama Sistem Pertahanan Semesta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar