Senin, 27 September 2010

KEMAMPUAN DANYONIF DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KESIAPAN OPERASIONAL SATUAN


Brigade Infanteri mempunyai tugas dan tanggung jawab pengendalian serta pembinaan satuan terhadap pemeliharaan, peningkatan mutu tempur satuan serta kesiapan unsur-unsurnya, demi pencapaian pelaksanaan tugas dari Satuan Atas. Tugas Brigade Infanteri dapat melaksanakan operasi pertempuran darat yang melipuiti; mencari, mendekati, menghancurkan dan menawan musuh di segala medan dan cuaca, merebut atau mencegah penggunaan daerah/medan tertentu, menangkis serangan dan mengusir, melaksanakan pengumpulan bahan keterangan tentang musuh, medan dan cuaca serta melaksanakan pengamanan terhadap kemungkinan gangguan musuh, melaksanakan pembinaan teritorial secara terbatas didaerahnya guna keberhasilan tugas pertempuran. Keberhasilan Brigade Infanteri dalam melaksanakan tugas akan maksimal apabila didukung  oleh Yonif yang baik dan tangguh.
Yonif sebagai satuan tempur mempunyai tugas dan tanggung jawab pengendalian serta pembinaan satuan terhadap pemeliharaan, peningkatan mutu tempur serta kesiapan operasional unsur - unsurnya. Yonif yang baik dan tangguh adalah cermin dari keberhasilan penerapan pelaksanaan kemampuan Komandan Batalyon Infanteri dalam menerapkan pengetahuan, keterampilan dan kepribadian yang dimiliki. 

Saat ini penerapan kemampuan Komandan Batalyon Infanteri dari aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek kepribadian, secara umum sudah baik walaupun masih ditemukan adanya kekurangan dan kelemahan dalam penerapan ketiga aspek diatas, hal ini dapat dilihat masih adanya beberapa kasus diantaranya kasus insubordinasi yang  dilakukan  secara  masal oleh  anggota  maupun  masih ditemukan rendahnya tingkat disiplin anggota, ditemukannya kasus anggota yang menolak di jadikan ajudan karena sikap dan prilaku pimpinan yang arogan. Dari latar belakang permasalahan diatas maka dapat diidentifikasi beberapa persoalan yang perlu dijawab sebagai suatu upaya pemecahannya yaitu Apakah kemampuan Danyonif saat ini sudah dapat mewujudkan kesiapan operasional satuan ?

Guna mewujudkan satuan Yonif yang baik dan tangguh maka dipandang perlu meningkatkan  kemampuan Komandan Yonif dengan optimalisasi kemampuan Komandan Batalyon Infanteri yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan kepribadian yang dilakukan dengan melibatkan subyek, obyek dengan metode yang tepat sebagai solusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar