Senin, 27 September 2010

OPTIMALISASI KEMAMPUAN KOMANDO KEWILAYAHAN DALAM RANGKA MENYIAPKAN DAERAH PANGKAL PERLAWANAN


Kepentingan negara yang bersifat tetap adalah usaha penyelenggaraan Pertahanan Negara untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara dan keutuhan NKRI serta keselamatan dan kehormatan bangsa dari setiap ancaman baik yang berasal dari luar maupun yang timbul dari dalam negeri, meskipun perkiraan ancaman menunjukan bahwa ancaman kedaulatan kecil kemungkinan, namun sebagai negara yang merdeka berdaulat dan bermartabat, kepentingan strategis untuk mempertahankan diri harus selalu disiapkan dan dilaksanakan tanpa memandang ada atau tidak adanya ancaman secara nyata.

Korem sebagai salah satu bagian dari Komando kewilayahan mempunyai kemampuan dalam penyiapan daerah pangkal perlawanan,salah satunya adalah dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada, guna menyiapkan komponen yang ada di dalamnya yaitu komponen cadangan dan komponen pendukung. Hak dan kewajiban warga negara pada Undang–Undang Dasar 1945 Amandemen kedua Ayat 3 Pasal 27 Bab X Warga negara, yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Hal tersebut  merupakan sistem pertahanan negara kita yang mengikut sertakan rakyat dalam penyelenggaraan usaha pembelaan negara  sehingga sekarang permasalahannya adalah bagaimana menyiapkan rakyat agar dapat disiapkan dan digunakan sebagai komponen cadangan maupun komponen pendukung di daerah atau wilayah masing–masing.

Penyiapan daerah pangkal perlawanan yang dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh komponen, bila dikaitkan dengan permasalahan–permasalahan dalam rangka penyiapan komponen cadangan maupun komponen pendukung maka perlu adanya optimalisasi oleh aparat Komando Resort Militer yang dapat dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi, membuat standarisasi, sinkronisasi kerja, pendataan, cara rekruitmen, pendidikan dan latihan, pembinaan serta peningkatan sarana dan prasarana. Sehingga dengan demikian diharapkan tiap–tiap daerah atau wilayah dapat menyiapkan komponen cadangan maupun komponen pendukung secara maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar