Rabu, 20 Juni 2012

Ternyata Gaji Ke-13 Sudah Cair Minggu Kemarin

PALEMBANG, SRIPO — Sebanyak 15 ribu PNS di Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang, dijadwalkan hari ini Jumat (15/6) mulai dapat menerima gaji ke-13. Namun dipastikan tidak seluruh PNS tiap dinas (SKPD) menerima gaji 13 secara serentak.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Husni Thamrin di ruang kerjanya, Sabtu (14/6) mengatakan, petunjuk teknis mengenai pembagian gaji 13 dari PMK (Peraturan Menteri Keuangan) sudah diterima satu hari sebelumnya. “Jadi besok (hari ini) gaji 13 sudah bisa dicairkan atau dibagikan. Tapi pembagiannya tergantung dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) masing-masing,” ujarnya.

Dikatakan Husni, memang tidak secara serentak diterima atau dibagikan kepada PNS. Tapi pastinya gaji 13 akan dibagikan sesuai jadwal tiap SKPD. Secara teknis pembagiannya, para PNS bisa mengambil gaji tersebut di bagian keuangan tiap-tiap SKPD atau melalui rekening tiap PNS di Bank Sumsel Babel. Seperti halnya mereka menerima gaji rutin bulanan.

“Paling lambat pada akhir Juni 2012 ini pembagian gaji 13 PNS selesai. Selain PNS, gaji 13 juga diterima pensiunan PNS Pemkot Palembang. Gaji 13 yang diterima para pensiunan PNS, jumlah nominalnya sama seperti satu bulan gaji sebelumnya yakni gaji pokok dan tunjangan,” ujarnya.

Gaji ke-13 PNS bukan kebijakan pemerintah daerah, tapi memang sudah menjadi peraturan dari pemerintah pusat berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 52 tahun 2012. Mengenai anggaran gaji tersebut, bersumber dari APBN melalui anggaran belanja pegawai. “Anggaran sudah diajukan tiap SKPD, jadi intinya gaji 13 PNS Pemkot Palembang bakal dibagikan secepatnya. Tapi bagi pegawai honroer tidak ada gaji 13, karena tidak termasuk dalam kategori anggaran belanja pegawai,” ungkapnya.

Ditambahkan Plt Kasubag Pembendaharaan, April Meriadi, pemberian gaji ke-13 akan diberikan secara bertahap kepada 15.722 orang PNS dengan anggaran sebesar Rp 58.799.019.355. “Mengenai besarnya gaji 13 yang diterima tiap PNS berbeda-beda, tergantung dari golongan PNS itu sendiri. Tapi anggaran yang dikeluarkan bertambah dari tahun sebelumnya,” ujarnya. (mg19)


Sudah Dinanti-nanti
KABAR cairnya gaji ke-13 bagi seluruh PNS Pemkot Palembang, disambut suka cita sejumlah PNS. Meskipun belum menerima informasi secara tertulis dari SKPD bersangkutan, mereka sudah banyak mengetahui tentang pembagian gaji tersebut dari media masa.

“Kalau kami PNS guru biasanya dari tahun sebelumnya mengambil gaji 13 di Diknas. Tapi saat ini belum tahu kapan waktu tepatnya. Tapi informasinya dalam beberapa hari ini akan dibagikan,” ujar Ruspita (42), guru PNS SD Negeri 117 Sako Kenten.

Sama halnya diungkapkan Yasna (35), PNS Kelurahan D-III Kecamatan Ilit Timur (IT) I Palembang, gaji ke-13 biasanya dibagikan di bagian keuangan di kantor kecamatan di wilayah kerjanya. “Memang kami PNS di kelurahan belum dapat kabar secara resmi, mengenai waktu pembagian gaji 13. Alhamdulillah kalau memang sudah bisa cair,” tambahnya.

Sementara Nurmala, PNS guru SMP, menyambut gembira ketika diberitahu bahwa gaji hari ini bisa cair. “Kami la lamo nian dek nunggunyo. Maklum, duet itu biso untuk menutupi biaya sekolah anak,” ujarnya.

Take from : Sriwijaya Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar